Pengetahuan akan Allah

1. Dari mana kita tahu bahwa Allah itu ada?

Jawaban:

A. Dari Wahyu / Penyataan / Perkenalan Diri Allah secara Umum.

a. Pengetahuan internal atau bawaan.

Roma 1:19, “Karena apa yang dapat mereka ketahui tentang Allah nyata bagi mereka, sebab Allah telah menyatakannya kepada mereka.

(baca juga Roma 2:14-15, “Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri. Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela”).

 

Pertanyaan: Bagaimana bisa ada pengetahuan bawaan seperti itu, melihat ada orang-orang bodoh, yang berkata di dalam hati mereka, tidak ada Allah seperti yang kita baca dalam Mazmur 14:1?

Jawaban: Itu lebih merupakan keinginan daripada keyakinan yang sebenarnya.

 

b. Pengetahuan eksternal atau yang diperoleh.

Mazmur 19:2-3, “Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya; hari meneruskan berita itu kepada hari, dan malam menyampaikan pengetahuan itu kepada malam” (baca terus hingga ayat 5a).

(baca juga Roma 1:20, “Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih,” dan Kisah Para Rasul 17:26-27, “Dari satu orang saja Ia telah menjadikan semua bangsa dan umat manusia untuk mendiami seluruh muka bumi dan Ia telah menentukan musim-musim bagi mereka dan batas-batas kediaman mereka, supaya mereka mencari Dia dan mudah-mudahan menjamah dan menemukan Dia, walaupun Ia tidak jauh dari kita masing-masing”).

 

Pertanyaan: Bagaimana kita bisa menyimpulkan dari ciptaan bahwa pasti ada Allah?

Jawaban: Karena mereka tidak bisa ada atau melanjutkan diri mereka sendiri, tanpa diciptakan dan ditopang oleh Allah itu sendiri. Ayub 12:9, “Siapa di antara semuanya itu yang tidak tahu, bahwa tangan Allah yang melakukan itu.”

 

B. Dari Wahyu / Penyataan / Perkenalan Diri Allah secara Khusus.

Pertanyaan: Apakah pengetahuan tentang Allah dari alam cukup untuk keselamatan?

Jawaban: Tidak.

 

Pertanyaan: Mengapa pengetahuan tentang Allah dari alam tidak cukup untuk menyelamatkan kita?

Jawaban: Karena itu tidak mengajarkan pengetahuan tentang Kristus.

 

Pertanyaan: Apakah pengetahuan tentang Kristus mutlak diperlukan untuk keselamatan?

Jawaban: Iya. Yohanes 17:3, “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

 

Pertanyaan: Dari mana kita memperoleh pengetahuan yang menyelamatkan ini?

Jawaban: Dari Kitab Suci. 2 Petrus 1:19-21, “Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu. Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri, sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah” (Baca juga 2Timotius 3:15-17, “Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus. Segala tulisan yang diilhamkan Allah [dinafaskan Allah] memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.” Baca juga Mazmur 19:8-15).

 

Pdt. Nurcahyo Teguh Prasetyo, M.Th.

 

Sumber:

  • Pdt. A. Hellenbroek, A Specimen of Divine Truths, For those who are preparing themselves for the Confession of Faith, A revised edition by committee appointed at Synod of the Netherlands Reformed Churches of America (Grand Rapids, Michigan: Netherlands Reformed Book and Publishing, 1930). https://bibleandbookministry.com/book/a-specimen-of-divine-truths/ (diakses 15 April 2024).
  • https://www.bible.com/id/versions/306-tb-alkitab-terjemahan-baru (diakses 15 April 2024).